Selasa, 07 Januari 2014

Fungsi dan tahapan memcaca



1.      Fungsi serta tujuan  kegiatan membaca
a.                                                                         a.  Fungsi Membaca
            Kegiatan membaca berfungsi sebagai sarana  atau alat untuk memperoleh pemahaman serta penilaian terhadap sesuatu.  Melalui kegiatan membaca ini seseorang dapat memahami tentang apa-apa yang diinginkannya seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas.
b.                                                                        b. Tujuan Membaca
            Berbagai macam tujuan seseorang dalam melakukan kegiatan membaca ini. Namum  secara umum kegiatan membaca bertujuan untuk mendapatkan pemahaman atau arti yang terdapat dalam bacaan. Bila kita rinci  tujuan membaca dapat kita lihat dari prilaku membaca seseorang:
a.    Untuk mendapatkan imformasi tentang sesuatu atau mencari ide.
b.   Untuk mendapatkan hiburan
c.    Untuk membandingkan
d.   Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
e.    Untuk melakukan penialaian( Evaluasi)
f.    Menyelesaikan masalah
g.    Untuk menafsirkan  lambang-lambang tertulis ke bentuk makna.
2.      Tahapan-tahapan membaca
Pada prisipnya seseuatu kegiatan yang kita lakukan tentunya mempunyai tata cara serta fase. Begitu jugalah dalam kegiatan membaca yang kita lakukan. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik sesuai dengan tujuan, tentunya kita melakukan tahapan dari kegiatan tersebut.  tahapan membaca dapat kita bagi atas:
1.   Mengamati dan membaca lambang bunyi.Memahami  serta menelaah  wujud makna lambang bunyi itu.
2.   Melakukan evaluasi atau filterisasi dari bacaan yang kita baca.
3.   Memberikan kesimpulan.
3.      Kategorial Pembaca
Pada  kegiatan membaca terdapat tingkat-tingkat pembaca yang di sebut dengan kategorial pembaca. Hal ini hanya dipandang dari segi belajar membaca. Ketegorial yang dimaksud adalah:
a.                                                 Pembaca Awal
b.                                                Pembaca lanjut
Pembaca awal adalah  pembaca yang baru belajar mengenal lambang bunyi.  Fokusnya untuk mencapai  kesanggupan pembaca melisankan simbol-simbol yang  tertulis tampa menghiraukan isi dari apa yang tertulis itu. Berbeda dengan apa yang dinamakan dengan pembaca lanjut. Pembaca lanjut ber usaha untuk   mendapatkan apa yang dia baca secara maksimal bukan hanya saja menyebutkan lambang bunyi. Tapi lebih dari itu untuk memahami apa yang dia baca.
4.      Jenjang Pembaca
Selain dari kategorial pembaca ada pula yang disebut dengan jenjang pembaca.  Jenjang pembaca  hanya terdapat pada tingkat pemahaman bacaan seseorang setelah dia melakukan kegiatan membaca. Jenjang pemahaman yang dimaksud adalah:
a.                                                       1. Bebal
 ketidak mampuan seseorang dalam menyebutkan kembali sesgala sesuatu yang dia baca. Dengan kata lain, kegiatan membaca yang dilakukan itu tidak menambah nilai apapun dari diri si pembaca.
b.                                                      2. Verbal
 pembaca yang telah mampu menyebutkan kembali apa yang sudah dibacanya itu. Hanya saja belum              untuk memahami serta menafsirkan apa yang telah disebutkan tersebut.
c.                                                       3. Andal 
Pembaca yang telah mampu menyebutkan apa yang dibacanya dan mampu untuk memahami  apa yang dikatakannya kembali itu.
d.                                                      4. Ideal 
Pembaca  yang telah mampu untuk menyebutkan kembali, memahami, serta menganilis serta menafsirkan apa yang dia baca. Kemudian direalisasikan sedemikian rupa sebagai ilmu pengetahuan.