Rabu, 08 Januari 2014

Membaca sebagai aktivitas yang kompleks



Membacasebagai aktivitas  yang kompleks
Membaca sebagai suatu aktivitas yang kompleks, mempunyai tujuan yang kompleks dan masalah yang bermacam-macam. Tujuan yang kompleks merupakan tujuan umum dari membaca. Di samping tujuan umum itu tentu terdapat pula bermacam ragam tujuan khusus yang menyebabkan timbulnya jenis-jenis membaca, ditinjau dari segi bersuara atau tidaknya orang waktu membaca itu terbagi atas:
1)      Membaca yang Bersuara
Yaitu suatu aktivitas atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru, murid, ataupun pembaca bersama-sama orang lain. Jenis membaca itu mencakup:
a)      Membaca nyaring dan keras
Yakni suatu kegiatan membaca yang dilakukan dengan keras, dalam buku petunjuk guru bahasa Indonesia untuk SMA disebut membacakan. Membacakan berarti membaca untuk orang lain atau pendengar, guna menangkap serta memahami informasi pikiran dan perasaan penulis atau pengarangnya. Membaca nyaring ini biasa dilakukan oleh guru, penyiar TV, penyiar radio, dan lain-lain. 
b)    Membaca Teknik
Membaca teknik biasa disebut membaca lancar. Dalam membaca teknik harus memperhatikan cara atau teknik membaca yang meliputi:
§  mengucapkan bunyi bahasa meliputi kedudukan mulut, lidah, dan gigi.
§  Cara menempatkan tekanan kata, tekanan kalimat dan fungsi tanda-tanda baca sehingga menimbulkan intonasi yang teratur.
§  Kecepatan mata yang tinggi dan pandangan mata yang jauh.
c)      Membaca Indah
Membaca indah hampir sama dengan membaca teknik yaitu membaca dengan memperlihatkan teknik membaca terutama lagu, ucapan, dan mimik membaca sajak dalam apresiasi sastra.

2)      Membaca yang Tidak Bersuara (dalam hati)
aktivitas membaca dengan mengandalkan ingatan visual yang melibatkan pengaktifan mata dan ingatan. Jenis membaca ini biasa disebut membaca dalam hati, yang mencakupi:
a)      Membaca teliti.
b)      Membaca pemahaman.
c)      Membaca ide.
d)     Membaca kritis.
e)      Membaca telaah bahasa.
f)       Membaca skimming.
g)      Membaca cepat.
1.   Membaca teliti yaitu membaca yang menuntut suatu pemutaran atau pembalikan pendidikan yang menyeluruh.
2.   Membaca pemahaman yaitu membaca yang penekanannya diarahkan pada keterampilan memahami dan menguasai isi bacaan. Jenis membaca inilah yang akan penulis kaji lebih dalam lagi.
3.   Membaca ide yaitu membaca dengan maksud mencari, memperoleh serta memanfaatkan ide-ide yang terdapat pada bacaan.
4.   Membaca kritis yaitu membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif, serta analitis, dan bukan hanya mencari kesalahan.
5.   Membaca telaah bahasa mencakup dua hal, yaitu:
·         Membaca bahasa asing yaitu kegiatan membaca yang tujuan utamanya adalah memperbesar daya kata dan mengembangkan kosa kata.
·         Membaca sastra yaitu membaca yang bercermin pada karya sastra dari keserasian keharmonisan antara bentuk dan keindahan isi.
6.   Membaca skimming (sekilas) adalah cara membaca yang hanya untuk mendapatkan ide pokok.
7.      Membaca cepat adalah keterampilan memilih isi bahan yang harus dibaca sesuai dengan tujuan kita, yang ada relevansinya dengan kita, tanpa membuang-buang waktu untuk menekuni bagian-bagian lain yang tidak kita perlukan.

2.      Mamfaat membaca
      Ada beberapa manfaat membaca menurut para ahli. Akan kita urai satu persatu yakni:
 1.      MenurutAmir (1996:5)manfaatmembacaadalah
·         Memperoleh banyak pengalaman hidup
·         Memperoleh pengetahuan umum dan informasi tertentu yang sangat berguna bagi kehidupan
·         Mengetahui berbagai peristiwa besar dalam peradapan dan kebudayaan suatu bangsa
·         Dapatmengetahuiperkembanganilmupengetahuandanteknologimutahir didunia
·         Dapatmengayakanbantin ,memperluascakrawalapandangdan piker, meningkatkantarafhidupdanbudayakeluarga,masyarakat,nusadanbangsa
·         Dapatmemecahkanberbagaimasalahkehidupan,
·         Dapatmengantarkansesorangmenjadicerdikdanpandai
·         Dapatmemperkayaperbedaan kata, ungkapan, istilah,dll yang sangatmenunjangketerampilanmenyimak, berbicaradanmenulis

2.      MenurutAnderson dalamtaringan (1985:7)manfaatmembacaadalah
·         Dapatmenemukanfakta
·         Dapatmenemukangagasanutama
·         Dapatmenemukanurutanatauorganisasibacaan
·         Dapatmenyimpulkan
·         Dapatmengklasifikasikan
·         Menilai
·         Membandingkanataumempertentang

 3.      MenurutNurhaidi (1985:7 )manfaatmembacaadalah
·         Memahamisecara detail danmenyeluruhisibuku
·         Menangkap ide pokokataugagasanutamasecaratepat
·         Mendapatinformasitentangsesuatu
·         Mengenalimakna kata-kata
·         Inginmengetahuiperistiwapenting yangterjadi dimasyarakatsekitar
·         Inginmemperolehkenikmatandarikaryasastra
·         Inginmengetahuiperistiwapenting yangterjadidiseluruhdunia
·         Inginmencarimerekbarangyang cocokuntukdibeli
·         Inginmenilaikebenarangagasanpengarang
·         Inginmemperolehinformasitentanglowonganpekerjaan

4.      MenurutJordan E.Ayanmanfaatmembacaadalah
·         Menambahkosa kata danpengetahuanakantatabahasadansintaksis.
·         Membantumengalamiperasaandanpemikiranyang paling dalam
·         Memicuimajenasi
·         Memaksanalar

5.      MenurutAhlifilsafatjermanArthur Schopenhauer (1851)manfaatmembacaadalah
·         Dapatmemperluaswawasan
·         Membantumelihatsudutpandang yangberbeda
·         Membantubelajarteknikmenulis yang dipakaioleh orang yang lebihberpengalaman
·         Membuat ide berlimpah
·         Mampumenganalisa
·         Menjadikanotakdanpikiranaktif
·         Merangsangterbentuknyainformasibaru di  system dayainginkuat
·         Membuatjalanpikiranmenjadilentur
·        Memperkayakosa kata, pilihankalimatdancarapenyajian yang bisadipakaidalammenulis